Training Perjanjian Kredit dan Jaminan

Training Perjanjian Kredit dan Jaminan telah berhasil diselenggarakan pada tanggal 31 Januari 2013 di kampus Indonesia Jentera School of Law. Sejumlah 22 orang peserta yang berasal dari berbagai elemen profesi seperti perbankan, lembaga pembiayaan, perusahaan swasta dan firma hukum turut berpartisipasi di training yang diselenggarakan dalam satu hari penuh tersebut.

Pada sesi pertama dan kedua para peserta diberikan paparan dan case study oleh Bapak Argo Wibowo selaku Legal Head BTPN terkait jenis dan lingkup usaha perbankan baik dari aspek peraturan perundang-undangan yang berlaku, maupun berdasarkan tinjauan dari rancangan undang-undang Perbankan yang saat ini sedang diajukan ke badan legislatif. Pada sesi kedua, pembahasan terkait aspek teknis perjanjian kredit, jenis jaminan serta pengikatannya.

Pada sesi ketiga dan keempat peserta kembali diberikan paparan dancase study oleh Ibu Anika Faisal selaku DIrektur dan Corporate Secretary BTPN. Turut pula dihadirkan oleh beliau untuk berpartisipasi dalam memberikan pelatihan yaitu Bapak Sentot dan Bapak Hermawan selaku praktisi yang terlibat dalam divisi litigasi BTPN. Dalam sesi tersebut peserta dibekali dengan isu-isu terkait penanganan kredit bermasalah baik dari sudut pandang aspek makro maupun mikro serta metode penanganan debitur yang ditinjau berdasarkan analisa kemampuan dan kemauan debitur. Pengenalan terhadap beberapa kasus litigasi, berikut upaya penyelesaiannya juga turut dibahas di akhir sesi training.