Drafting Commercial Contracts in English

Indonesia Jentera School of Law telah mengadakan pelatihan berjudul Dz Drafting Commercial Contracts In English dz, bertempat di Kampus Indonesia Jentera School of Law pada Rabu, 17 April 2013. Pelatihan itu terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama dihadiri oleh 28 peserta yang berasal dari berbagai institusi, seperti law firm maupun perusahaan. Pihak yang bertindak selaku trainer adalah Darrell R. Johnson, salah satu foreign advisor pada firma hukum Soewito Suhardiman Eddymurthy Kardono (SSEK).

Pelatihan Drafting Commercial Contracts In English pada tahap pertama ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Sesi pertama mengusung tema Introduction to Legal English and Contract Drafting yang memperkenalkan peserta dengan: (i)pemahaman umum tentang kontrak; (ii)pengaturannya dalam sistem Common Law maupun Civil Law di Indonesia; (iii)tahapan serta teknik dalam melakukan english contract drafting; serta (iv)bagian-bagian penting dalam kontrak internasional berikut fungsinya. Selanjutnya, pada sesi kedua, peserta diajak untuk memahami lebih mendalam teknik-teknik dalam melakukan contract drafting dalam bahasa Inggris dengan mengidentifikasi beberapa permasalahan pemilihan kosakata yang biasa ditemukan dalam kontrak-kontrak berbahasa Inggris.

Pada sesi ketiga dan keempat, para peserta diberi kesempatan untuk mencoba berpraktik untuk membuat kontrak berbahasa Inggris. Trainer membagikan kepada setiap peserta sebuah lembar Drafting Assigment yang berisi beberapa contoh kasus yang digunakan sebagai landasan bahan bagi peserta dalam membuat kontrak berbahasa Inggris.

Pelatihan Drafting Commercial Contracts In English tahap kedua akan diselenggarakan pada Rabu, 24 Mei 2013. Pada tahap kedua nanti, trainer akan melakukan review dan membahas hasil Drafting Assignment yang diberikan oleh para peserta.