Perancangan Peraturan

Ciri dari sebuah peraturan perundang-undangan yang baik diantaranya adalah dapat menyelesaikan situasi sosial, dapat mengubah perilaku, serta dapat menjadi ruang komunikasi antara satu individu dengan orang lain atau antara suatu bagian dengan bagian lain.

Untuk dapat menyusun sebuah peraturan perundang-undangan yang baik dibutuhkan keterampilan yang memadai untuk mengenali masalah yang ingin diselesaikan. Dari sini kita dapat memberikan alternatif solusi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Kemampuan untuk mengenali masalah serta melakukan analisis seringkali sulit dilakukan karena ketiadaaan tools dan metode yang memadai. Padahal kesalahan memberikan rekomendasi aturan bisa berakibat fatal bagi para pihak yang dimaksud tersebut.

Pelatihan ini diharapkan akan memberikan bekal ilmu dan keterampilan bagi peserta untuk mengetahui dan memahami penyusunan berbagai peraturan perundang- undangan.

Jentera dan PSHK sejak 2003, telah mengembangkan pelatihan perancangan peraturan perundang-undangan. Hal itu ditandai dengan keseriusan PSHK mengeluarkan modul perancangan peraturan sebagai berikut:

  1. Modul Perancangan Peraturan untuk Transformasi Sosial Dicetak pada 2004 setelah melalui uji coba di empat provinsi di Indonesia, yaitu Lampung, Banjarmasin, Kendari, dan Mataram.
  2. 9 JurusMerancangPeraturan
    Merupakan hasil revisi atas modul yang diterbitkan pada 2004. Beberapa perubahan yang dilakukan dalam modul itu adalah metode pengemasan yang lebih banyak menggunakan gambar sehingga lebih mudah dibaca oleh masyarakat umum.
  3. Modul Perancangan Peraturan untuk Aceh
    Merupakan kerjasama antara PSHK, Aceh Development Fund, Impact, dan dukungan dari Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh (BRR NAD-Nias).
  4. Merancang Peraturan Untuk Perubahan
    Merupakan modul PSHK yang diterbitkan pada 2010. Modul itu telah menerapkan context based legislation sebagai metode baru yang diperkenalkan PSHK. Modul itupun disertai dengan contoh alur training serta ilustrasi yang menarik.
  5. Drafttology: Peraturan Adalah Kabar GembiraMerupakan modul PSHK dan Jentera yang diterbitkan pada 2011. Modul itu sebagai penyempurnaan modul Merancang Peraturan untuk Perubahan dari sisi pendekatan dan isi. Dengan menggunakan pendekatan Appreciative Inquiry, modul itu menambah dua tahapan yang sebelumnya tidak eksplisit dilakukan. Jadi modul itupun mulai memperkenalkan metode yang disebut context-based legislative drafting.